Sabtu, 07 Desember 2013

Fenomena Toko Kecantikan Online

Entah kapan mulainya namun banyak sekali toko online yang menjual berbagai produk kecantikan yang menjamur belakangan ini. Apakah menguntungkan pembeli atau justru merugikan? Mari kita bahas bersama-sama secara lebih detail lagi.

Kebanyakan produk yang dijual dalam berbagai macam toko online berupa alat kecantikan seperti makeup, kosmetik, lipstik, penurun berat badan, pemutih wajah, pelembab kulit serta masih banyak lagi yang lainnya. Produk tersebut ada yang sudah terkenal namanya namun ada pula yang baru kali ini didengar atau pendatang baru dalam dunia kecantikan.

Seikilas kehadiran toko tersebut memang banyak memberikan kelebihan terutama dalam kemudahannya. Pembeli tidak harus melakukan perjalanan jauh terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang dia inginkan. Cukup dengan membuka internet, mencari toko online dan memilih barang serta memesannya. Dalam beberapa hari atau minggu kemudian produk sudah ada di tangannya.

Dibalik kemudahan itu semua ada satu resiko tersembunyi yang banyak tidak disadari oleh konsumen dalam hal ini wanita.Pada umumnya mereka tidak mengetahui atau tidak memiliki akses untuk melihat bahan dan kandungan dalam produk tersebut. Padahal mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalamnya merupakan kewajiban para konsumen dalam membeli suatu produk.

Banyak sudah orang yang merasa menyesal setelah menggunakan produk kecantikan karena ternyata ada senyawa di dalamnya yang tidak cocok dengan kulit sehingga memunculkan banyak efek samping. Inilah salah satu kelemahan berbelanja secara online.


Yang paling penting lagi adalah wanita tidak bisa menguji coba apakah produk tersebut aman atau tidak. Banyak website kecantikan yang menganjurkan konsumen untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba dilakukan dengan mengoleskan produk tersebut ke pergelangan atau punggung tangan, apabila tidak menimbulkan iritasi maka aman, namun bila ternyata kulit mengalami iritasi maka tidak boleh digunakan.

Kelemahan inilah yang harus diperhatikan oleh calon konsumen, pertama ia harus yakin bahwa produk perawatan yang akan dibelinya berna-benar aman dan nyaman digunakan, kedua adalah kandungannya apakah memiliki kandungan berbahaya ataukah tidak.

Selain ebebrapa kesulitan di atas, konsumen juga akan berhadapan dengan masalah lain seperti pembayaran dan izin produk. Produk hanya boleh dipergunakan bila memiliki izin resmi dari pemerintah, bila belum maka kemungkinan akan menimbulkan resiko bagi penggunanya.

Keterangan ini tidak bermaksud untuk menghalangi atau menakut-nakuti orang yang mau berbelanja di toko online, namun sebagai pengingat bahwa konsumen harus lebih berhati-hati lagi dalam membeli produk kecantikan baik di toko offline apalagi di toko online yang barang dan penjualnya tidak bisa dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar